‘Jamu’ Ternyata Daun Randu Berkasiat Sembuhkan Batuk

Daun randu adalah daun yang berasal dari tanaman randu. Tanaman ini memiliki ciri-ciri yaitu pohonnya yang bisa mencapai ketinggian 30 m. Bentuk daunnya majemuk dan lonjong. Tanaman randu memiliki buah yang berwarna hijau dan bulat.

Daun dan buah randu
Bauah dan Daun Randu

Kapuk randu yaitu tanaman tropis yang diklaim datang dari daratan sisi utara Amerika Selatan, Amerika tengah, dan Karibia. Tanaman ini banyak diketahui serta dibudidayakan di Asia, dan di Indonesia, terutama dapat Anda jumpai di pulau Jawa, sampai tanaman ini bisa akrab dengan nama Kapok Jawa. Umumnya tanaman ini di budidayakan manfaat diambil buahnya saja, dan digunakan sebagai bahan untuk bikin bantal dan kasur, dan untuk yang lain-lainnya.
Tetapi tahukah Anda, kenyataannya daun kapuk juga memiliki manfaat dan khasiat yang istimewa untuk mengobati dan menyembuhkan bermacam penyakit, seperti batuk, mencret (diare), tonik rambut, sebagai antiseptik mulut (obat kumur), penghilang sisa luka, obat sakit mata.

Kandungan Kimia : daun ceiba pentandra mempunyai kandungan saponin, tlafonoida, serta tanin. Daun tanaman ini mempunyai kandungan zat hidrat arang, zat penyamak, serta damar sampai terasa pahit.

Manfaat serta Cara Pemakaian Daun Randu

Untuk Obat Batuk

Pakai lebih kurang 8 gr daun fresh ceiba pentandra, dicuci. Setelah itu ditumbuk hingga lumat, lantas diseduh dengan ½ gelas air masak panas, setelah dingin disaring. Hasil saringan diminum sehari 2 x sama banyak pagi serta sore.

Desinfektan Mulut (Obat Kumur)
2 hingga 10 gr daun randu yang masihlah fresh, lantas bersihkan hingga bersih. Jangan sampai lupa sediakan satu gelas air masak yang dituangkan dalam baskom, remas-remas daun randu hingga lumat ke air itu hingga air berpindah jadi sedikit berlendir. Saring air remasan itu serta gunakan sebagai obat kumur.

Obat Pembasmi Sisa Luka
Bersihkan daun randu sekedarnya sampai bersih, lantas bersihkan lebih dahulu sisi sisa luka dengan air hangat, dan gosokkan daun randu berulang-kali pada sisa luka. Lalu, bersihkan dengan sabun dan air bersih, lakukan cara barusan setiap mandi sampai lukas benarbenar hilang atau memudar.

Obat Sakit Mata
Sediakan beberapa helai daun randu yang telah dicuci hingga bersih. Letakan daun randu dalam wadah contoh rantang atau baskom, tuangkan air bersih sekedarnya. Remas dan lumatkan daun randu itu sampai air berpindah jadi berlendir. Air remasan lantas disaring dan pakai untuk bersihkan mata, langkahnya dengan mencelupkan mata ke air sembari mata dikedip-kedipkan didalam air. Cara barusan bakal menolong singkirkan dan mengeluarkan kotoran dari dalam mata.

Obat Penyubur Rambut (Tonikum)
Pakai 15 helai daun randu setelah itu direbus dengan air sampai mendidih. Setelah dingin gunakan air rebusan itu sebelumnya anda keramas dengan shampoo. Langkahnya basahi rambut dengan air rebusan itu, pijat-pijat kulit kepala dan diamkan sepanjang 1/2 jam, paling akhir bersihkan dengan shampoo seperti umum. Untuk hasil yang maksimal pakai langkah tersebut 2 kali satu minggu.