Modifikasi Antena TV Sebagai Penguat Sinyal 4G di Masa Pandemi Covid-19

Internet merupakan salah satu media yang dapat menyampaikan informasi kepada masyarakat luas, oleh karena itu teknologi internet pun berkembang dengan pesat baik segi teknologi dan bisnis. Namun sekarang kendalanya adalah untuk daerah yang belum terjangkau jaringan internet atau kurang dalam kualitas jaringan internet, maka dapat menghambat masyarakat dalam memperoleh informasi. solusinya adalah dengan memanfaatkan antena televisi jenis Yagi. Secara teori antena televisi bekerja pada frekuensi VHF (Very High Frequency) dan UHF (Ultra High Frequency) sedangkan frekuensi GSM (Global System for Mobile communications)berada pada pita 900 dan 1800 MHz dan CDMA (Code Division Multiple Access)pada pita frekuensi 800 MHz dan 1900 MHz sehingga masih dalam cakupan frekuensi UHF (300 MHz sampai 3 GHz) selain itu antena televisi mudah didapatkan.

Saat pandemi corona Covid-19, Anda mungkin yang termasuk orang yang bekerja dan belajar di rumah dan kecepatan internet melambat. Melonjaknya penggunaan internet menjadi salah satu hal yang membuat kecepatan internet melambat. Kondisi tersebut bisa menghambat produktivitas.

Permasalahan seperti ini sering di alami oleh para pengguna smartphone, yaitu mengalami sinyal 4G tidak stabil dan sering hilang-hilang. Tentu hal seperti ini akan sangat mengganggu, karena kualitas sinyal yang kita dapatkan akan sangat memengaruhi kelancaran jaringan. Apalagi kalau lagi digunakan untuk proses download maupun upload, kalau tidak mendapatkan kualitas sinyal yang baik, tentu akan sangat lambat dan membutuhkan waktu yang cukup lama sampai selesai.

Oleh karena itu, kami akan berbagi pengalaman untuk membuat sinyal 4G stabil. Yaitu dengan cara memanfaatkan antena TV bahkan yang kami gunakan Antena bekas (tidak dipakai lagi) yang waktu itu kami beli dengan harga Rp.25.000,00.

Selanjutnya hal yang harus di perhatikan cara membuat penguat sinyal HP dengan antena TV

Cara membuat penguat sinyal HP dengan antena TV bisa dilakukan dengan memanfaatkan barang bekas saja. Kamu bisa membuatnya dari antena TV yang sudah tidak terpakai sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Selain itu, kamu juga perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan yang berguna sebagai pendukung cara membuat penguat sinyal HP dengan antena TV ini. Berikut cara membuat penguat sinyal HP dengan antena TV:

Alat dan Bahan:

  • Antena TV bekas
  • Tang atau gunting
  • Obeng
  • kabel
  • PCB polos/kertas karton
  • HP

Langkah-langkah pembuatan

  1. Pertama-tama potong PCB polos/ kertas karton dengan ukuran 5 sampai 10 cm persegi
  2. Setelah itu lubangi 4 bagian PCB/kertas karton seperti gambar dibawah ini
  3. Setelah itu ambil kawat tembaga dan bentuk menjadi seperti gambar di bawah ini
  4. Masukkan dan buatlah lilitan (7 lilitan untuk bagian atas dan 5 lilitan bagian bawah) kemudian sambungkan 7 lilitan ke antena bagian atas dan yang 5 lilitan pada kawat yang dimasukan lubang PCB/kertas karton
  5. Sambungkan semua rangkaian tersebut
  6. Selesai, dan rangkaian siap diuji coba

Penguat sinyal HP dengan antena TV ini bisa jadi solusi bagus bagi kamu yang menggemari elektronik, sekaligus mengisi waktu luang. Selain menggunakan antenna TV, penguat sinyal HP ini juga bisa dibuat dari berbagai macam peralatan lainnya.

Ada banyak cara yang kita dapatkan untuk kita lakukan membuat penguat sinyal sendiri, kita bisa memanfaatkan. Bagaimana, sangat mudah bukan? Semoga informasi mengenai rangkaian penguat sinyal HP 4G sederhana tadi dapat bermanfaat.

Tinggalkan komentar