Cerita Siang Menuju Goa di Pantai Greweng

Kalau ada tempat wisata yang di sana terdapat Goa, Sungai, Bukit, Hutan, dan Pantai dalam satu lokasi, ada tidak ya?

Tidak perlu jauh-jauh ke kawasan hutan Amazon atau pantai di Maladewa. Di Indonesia, tepatnya di Gunungkidul, Yogyakarta ada tempat tersebut!

Pada hari Kamis, 16 Juli 2020 Saya, Ahmad, Agus, Musti, berangkat untuk menuju tempat tersebut. Niat awal kami adalah menuju Goa di Pantai Greweng. Di mana letak Pantai Greweng itu? Pasti sebagian besar orang yang suka pantai, tau Pantai Wediombo. Nah lokasi Pantai Greweng itu di sebelah timur Pantai Wediombo dan Pantai Jungwok dan sebelah baratnya pantai sedahan. Perjalan kami dari jepitu menggunakan sepeda motor menuju arah pantai sedahan, kami mampir dulu di alas sumbon dengan maksud ingin melakukan perjalan darat (jalan kaki) menyusuri kali nguripan. Kami memulai perjalanan sekitar jam 09.00 WIB dari titik awal yaitu di belik nguripan yang konon ceritanya merupakan petilasan pari wali, ukuran belik nguripan ini sangat kecil meskipun begitu tidak pernah kering dan semoga tidak akan kering selamanya dan menjadi sumber mata air penghidupan sama namanya yaitu belik nguripan atau penguripan. Mohon Maaf sayangnya tidak mengambil fotonya.

Jarak dari tempat parkir motor kami (Alas sumbon) ke Pantai Greweng ternyata cukup jauh, kita diharuskan berjalan kaki/trekking. Kami berjalan dari tempat parkir menuju jalan bebatuan dipinggir kali. Dari sini kita sudah disuguhi pemandangan sawah.

sesampainya kami di pantai greweng disuguhi dengan pemandangan sungai yang jernih. Hutan kecil dan sungai kecil ini sangat imut, kalau di sana gak banyak nyamuk mungkin kami akan berhenti lama di sana. Tempatnya cocok banget buat tamasya sambil makan bekal makanan. Kami hanya berhenti sejenak karena kalau lama-lama bisa habis darah kami digigiti nyamuk.

Tida jauh dari tempat hutan kecil dan sungai kecil berada, kami langsung menginjak pasir pantai yang putih bersih. Hamparan pasirnya juga luas, cocok buat main sepak bola atau bola voli. Sampailah kami di Pantai Greweng, waktu tempuh kami dari tempat parkir sampai Pantai Greweng sekitar 30-45 menit tanpa berhenti.

Tujuan utama kami adalah ingin mencoba masuk kedalam Goa Greweng. Dari kami berempat yang berani dan sukses masuk kedalam Goa hanya dua orang (Saya dan Musti). Ada cerita seru selama kami di dalam Goa, Kami merasakan sejuk dan takjub melihat keindahan di dalam Goa meskipun sedikit merasakan takut apalagi ketika lampu senter kami padam mendadak.

Setelah senter nyala kembali kami melanjutkan perjalan menyisiri dalam Goa menuju kesamping kiri kami, dan disitu kami menghirup hembusan oksigen yang lebih besar dan ternyata ada rongga untuk keluar dari atas Goa. perasan kami sangat lega dan bersyukur bisa keluar dari Goa Greweng dan lansung disuguhi deburan ombak pantai Greweng yang begitu Indahnya.