Bahan Ajar

Matematika SMK

Matematika dapat dikatakan mata pelajaran yang dianggap paling sulit bahkan menjadi momok yang menakutkan bagi siswa dari dulu hingga sekarang. Matematika sebenarnya mata pelajaran yang dianggap menjadi tantangan tersendiri bagi siswa. Pasalnya matematika jika siswa menganggap materi yang sulit pastinya siswa sangat kurang motivasinya dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Hal ini yang menjadikan siswa hasil belajarnya tidak meningkat bahkan menurun.

Hal yang serupa juga bisa tergantung pada kesadaran dari siswa itu sendiri. Siswa yang malas pastinya sangat sulit untuk dapat memahami materi matematika. Malas dalam konteks ini bisa jadi malas dalam mengikuti pembelajaran maupun malas dalam mempelajari matematika itu sendiri. Persoalan inilah yang menjadikan guru matematika sangat jera akan menghadapi siswa-siswa yang seperti itu. Kemudian persoalan yang sangat dikeluhkan oleh guru matematika terutama pada satuan pendidikan SMK adalah menghadapi siswa-siswa yang mempunyai dasar perhitungan yang masih rendah sehingga ketika diajarkan materi yang lebih tinggi ternyata masih banyak siswa yang tidak fokus, tidak serius, dan tidak sungguh-sungguh dalam menerima penjelasan materi dari guru. Faktor-faktor itulah yang sangat dikeluhkan bagi seorang guru matematika SMK sehingga hal ini perlu menjadikan acuan dalam menyemangati/memotivasi siswanya agar hasil belajarnya menjadi meningkat.

Pembelajaran matematika SMK dapat dikatakan perlu mendapatkan perhatian khusus dari guru pengampunya. Apalagi bagi sekolah yang mempunyai intelegensi siswanya rendah, sehingga akan lebih membuat guru matematika harus lebih giat dan serius dalam memberikan ulasan pembelajaran kepada siswanya agar siswanya dapat memahami materi dengan baik. Untuk itu, dengan adanya inovasi pembelajaran dari guru dipandang sangat perlu dalam mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada terutama dalam mengatasi kesulitan siswa dalam memahami materi.