Kesehatan Dan Manfaatnya

1. HAEMOGLOBIN MENINGKAT
Pada riadah pernafasan ini selama tidak bernafas, tubuh sangat membutuhkan   oksigen. Dengan terbatasnya jumlah oksigen tersebut tubuh segera melakukan penyesuaian dengan cara memperbanyak butir-butir darah merah (haemoglobin) seperti kita ketahui haemoglobin adalah zat pengangkut oksigen ke seluruh tubuh.
2. MENGURANGI TERJADINYA RADIKAL BEBAS
Dengan mengefisienkan jumlah oksigen yang masuk ke dalam tubuh, berarti kita mengurangi masuknya zat perusak tubuh, seperti kita ketahui oksigen dapat menyebabkan terjadinya super oksida, radikal hydroksil di dalam tubuh. Proses radikal bebas adalah proses terjadinya perusakan sel-sel baru yang seharusnya menggantikan semua sel-sel rusak yang terjadi pada tubuh kita, tetapi karena ulah oksigen perusak alias teroris kimia tersebut akhirnya sel-sel pengganti yang seharusnya mengganti sel-sel yang rusak tersebut jumlahnya berkurang. Sehingga akhirnya tidak semua sel rusak dapat diperbaharui. Proses ini dapat dilihat pada permukaan kulit tubuh, dimana makin lama kulit semakin keriput.
Dengan mengurangi jumlah oksigen yang masuk dengan cara meningkatkan efisiensinya berarti tubuh mengurangi masuknya unsur perusak. Dengan mengolah nafas secara teratur, wajah kita akan tampak ranum dan selalu segar.
3. ABDOMINAL MASSAGE
Abdominal massage terjadi pada saat kita melakukan penarikan, penekanan, dan pelepasan nafas secara bergantian. Pada saat tarik nafas, diafragma akan menekan rongga perut ke bawah dan bersamaan dengan kontraksi pengerutan anus selama tekan nafas akan menyebabkan kompresi rongga perut. Pada saat pelepasan mafas, rongga perut relaks. Keadaan ini secara bergantian akan menyebabkan massage daerah perut dimana saraf maupun peredaran darah organ-organ di daerah perut menjadi lebih baik.
4. AKTIFASI SARAF PARASYMPATIS
Dengan melakukan teknik pernafasan akan terjadi dominasi sistem saraf parasympatic, saraf otonom yang mengatur aktifitas tubuh yang diluar kehendak, dimana akan mempengaruhi sistem pernafasan, sistem peredaran darah maupun terhadap efek metabolisme. Detak jantung akan menjadi lebih pelan, pembuluh darah melebar, sehingga menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Manfaat lain, hormon acetyl choline akan meningkatkan produksi insulin sehingga menurunkan kadar gula darah, baik untuk penderita diabetes. Hormon acetyl choline adalah neurotransmitter penghantar impuls saraf. Sedangkan insulin adalah hormon yang mengubah gula darah menjadi gula otot untuk beraktifitas.

Tinggalkan komentar